SALAM FANS DUCATI JB ROSSI
Diantara banyak berita dan kabar yang simpang siur mengenai GP12 Phoenix yang bakal dibongkar parah ala musim 2011, sebenarnya sudah dijawab Rossi setelah test Jerez dua minggu lalu. Dan kisah JB-Rossi melawan motor-motor yang lebih sempurna juga bukan pertama kalinya terjadi, kasus yang sama pernah dialami JB-Rossi di tahun 2004, dimana JB-Rossi harus melawan motor Honda RCV211 yang telah disempurnakannya tahun 2003, dengan mengendarai M-1 Yamaha Brand New (baik sasis maupun mesinnya).
Bahkan 2004 jeroan Yamaha dibuat benar-benar baru dan berbeda dari konsep M-1 2003 yang cuma ngicipi sekali podium Le Mans 2003. Dan sudah saya posting sebelumnya bahwa sasis M-1 yang mirip gantungan mesin dibuang dan diganti dengan model chassis yang merangkul mesin.
Sebelum jauh melebay, berikut dua jempol Rossi yang diberikan kepada GP12 Phoenix setelah test Jerez kemarin.
Rossi & Ducati: how dark is the night?
http://www.gpone.com/index.php/en/20...the-night.htmlFurther confirmation came from Rossi in Spain: "This is the definitive bike. There won't be any major design changes this year." This doesn't mean the bike will remain untouched, but simply that the base philosophy will remain the same. The recent example provided by Honda speaks volumes: in 2010 the Japanese manufacturer built 6 different chassis before finding the right direction. Ducati are hoping to be a little faster in this process, and they have the staff capable of making it happen.
[Konfirmasi selanjutnya datang dari Rossi di Spanyol (Jerez): "Ini adalah motor yang sebenarnya. Tidak akan ada lagi perubahan design tahun ini". Ini tidak berarti motor ini tidak tersentuh, tapi sederhananya, bahwa filosofi dasarnya akan tetap sama. Contoh yang jelas dari perubahan motor yang banyak adalah dari Honda: di 2010, pabrikan Jepang ini membuat 6 chassis yang berbeda sebelum menemukan arah yang benar. Ducati berharap sedikit lebih cepat dalam proses ini, dan Ducati punya staff yang mampu membuat ini menjadi nyata]
Ya betul Rossi sudah mengonfirmasi bahwa motor GP12 yang ditest di Jerez adalah motor terakhir yang akan dipakai balap sepanjang musim 2012. Dan kalaupun ada perubahan, bukan rombak total, tapi hanya sebuah penyempurnaan.
Ingat gaya JB-Rossi dalam penyempurnaan NSR500? Pelan-pelan dilakukan karena pada awalnya JB-Rossi belum dipercaya Honda (yang mendapat kepercayaan Criville sebagai jurdu 1999), tapi begitu hasil JB-Rossi lebih baik, maka kepercayaan Honda beralih ke JB-Rossi dan penyempurnaan NSR500cc big bang berjalan selama satu tahun. Begitu juga penyempurnaan RCV211 990cc yang berjalan selama dua tahun. Tapi jangan dikira motor-motor yang belum sempurna tersebut tidak bisa membawa Rossi juara... 3X berurut juara kelas premier dengan motor yang dalam proses penyempurnaan.
Apakah Rossi belum pernah melawan musuh yg lebih sempurna sebelumnya?
Setelah menyempurnakan RCV211 dua tahun berurutan, JB-Rossi pindah ke Yamaha yang lebih inferior untuk melawan motor RCV211 yang sudah mentok penyempurnaannya. Motor M-1 yang benar-benar baru akhirnya sanggup mengalahkan Sete, Biaggi, Hayden dan semua pembalap Honda tahun 2004, tahun pertama memakai M-1 yang benar-benar baru secara mesin dan chassis.Masih tidak yakin bahwa mesin Yamaha M-1 2004 adalah mesin yang benar-benar baru? Srondol akan coba bawakan kutipan dari postingan jadul: Valentino Terlalu Bagus Untuk Ducati
Jadi sistem empat-katup dan crossplane crack shaft adalah yang terbaik, tapi (model ini) juga merupakan desain baru, itulah mengapa power-nya begitu lambat. Tapi meskipun begitu, Valentino masih menunjuk ke mesin itu dan mengatakan 'Yang ini nih...'
Q: Adakah pelajaran yang Anda ingin diingat oleh orang-orang di Yamaha, bahwa sesuatu mungkin tidak selalu menghasilkan score terbaik di atas simulasi desain, tetapi hal yang paling penting untuk diingat adalah hubungan manusia dengan mesin?
Furusawa: Benar. Dan Anda perlu ingat bahwa Valentino merupakan sosok mirip Raja. Kami semua berkumpul di sekitarnya ketika dia datang setelah mencoba motor untuk mendengarkan apa yang dia katakan - apakah dia memberi 'jempol ke atas' atau 'jempol ke bawah' terhadap ide-ide kami?
Jadi, ketika Valentino memberikan 'jempol ke atas' untuk sistem empat-katup dan crossplane crack shaft semua orang tahu itu adalah jalan ke depan (untuk dilalui) dan bekerja ke arah yang sama. Kami tidak punya banyak waktu. Hanya dua bulan sebelum balapan di Afrika Selatan. Jadi saya benar-benar berutang banyak terima kasih kepada Valentino untuk membuat pilihan yang jelas dan benar.
Saya telah menunjukkan beberapa hasil dan bukti [untuk mendukung perubahan mesin dari lima-katup ke empat-katup] dengan prototipe yang dicoba pada jalur uji, tapi mungkin hanya 50 persen orang yang berpikir 'ok saya akan mengikuti Anda.' 50 persen lainnya masih berpikir 'ini bukanlah realita di trek balap.'
Tapi setelah Valentino mengatakan 'ya', semua orang tahu itu adalah hal yang benar dan kami bisa mendapatkan banyak kekuatan dari orang-orang yang semuanya bekerja sebagai sebuah tim. Itulah salah satu alasan mengapa kami memiliki hasil yang baik seperti itu.
Kisah lengkapnya, silakan langsung ke TKP
===========================
Memang ada sedikit kendala di Ducati, setelah dianggap musuh sepanjang 2011, dan ada yang sok jago padahal punya usul "SAMPAH" dengan menyepelekan JB, akhirnya Ducati sudah benar-benar bulat mendukung JB-Rossi dengan arah JB team...
Nah, apakah pengalaman tahun 2004 bisa diulangi di 2012 ini? Apakah ada yang disembunyikan dari kekuatan Ducati? Ataukah memang masih acak-acakan motornya?
Jaman masih belum jadi legenda 2004, 2 jempolnya membuat Yamaha jadi motor kelas satu... Jaman sudah tua dan berpengalaman 2012, 2 jempolnya masak lebih jelek?
Seri Qatar sudah dimulai malam ini... Track yang boros BBM... Track yang memanjakan kecepatan tinggi... Track yang pernah ditaklukkan Rossi 3X, dan runner-up 2x... Apakah Phoenix masih piyik atau sudah perkasa?
Jawabannya ada di hari Minggu malam!! Dan Senin pagi!!
Rossifumi Ganbatte... Hakuna Matata...
Gambar: wikipedia.org
0 comments:
Post a Comment